26 Februari 2012

PENELITIAN KUALITATIF (HASIL OBSERVASI)

Observasi dilakukan di tiga tempat yaitu kompelek perumahan dosen UNPAD, Lingkungan curug dago, dan terakhir di Internasinal Schoul berlangsung pada hari selasa tanggal 8 November 2011 dari jam 08.00-10.00 Wib

I.      Hasil Observasi

A.    Lokasi Pertama (Perumahan Dosen UNPAD)

·       Situasi Lingkungan

Di perumahan dosen terlihat rapih dengan  bangunan-bangunannya tertata teratur, jalanannya lebar dan terbuat dari aspal. Nampak sebuah rumah yang terlihat sepi dan cukup besar, serta di depan terparkir sebuah mobil. Perumahan tersebut terlihat rindang dengan banyaknya pohon-pohon yang tumbuh di pinggir jalan. Perumahan juga terlihat bersih dari sampah-sampah yang berserakan dipinggir-pinggir jalan. Saluran airnya bersih tanpa sampah sehingga pembuangannya lancar. Di dinding pinggir jalan juga terdapat seperti papan yang tertempel dan bertuliskan “DILARANG BUANG SAMPAH DISINI”.

·       Situasi Sosial
Suasana diperumahan saat itu sepi, hanya sesekali saja motor dan mobil lewat. Ada juga ibu-ibu yang sedang bercerita sambil menunggu anaknya pulang dari Taman Kanak-kanak (TK), terlihat juga seorang bapak yang membersihkan di depan Taman Kanak-Kanak. Tidak nampak interaksi sosial dengan sesama tetangga

·       Fasilitas umum yang ada

Ada berbagai fasilitas yang terdapat di perumahan tersebut, disebelah utara di persimpangan pertama saat masuk di perumahan tersebut terlihat Taman Kanak-Kanak (TK) Nurul Jamil, dan disebelahnya lagi terdapat mesjid yang juga dinamakan Mesjid Nurul Jamil yang mempunyai halaman yang cukup laus. Masyarakat sekitar gunakan untuk kepentingan bersama dalam melakukan kegiatan-kegiatan kerohanian.



B.    Lokasi Kedua (Curug Dago)

·       Situasi Lingkungan
Kondisi perumahan disana kurang tertata dengan baik, sehingga terlihat kurang bersih. Terlihat jalan setapak yang sempit dan tidak terbuat dari aspal. Nampak juga sebuah rumah yang sederhana dan didepan rumah terparkir dua sepeda motor. Perumahan terlihat sangat kotor karena sampah yang berserakan dan jemuran yang dijemur di samping rumah. Di daerah tersebut juga ada kolam ikan milik warga sekitar, serta terdapat saluran air dipinggir jalan setapak yang nampak bersih.\

·       Situasi Sosial
Suasana di perumahan saat itu tidak begitu ramai, karena terlihat hanya beberapa motor saja yang berlalu-lalang. Ada juga ibu-ibu yang sedang berkumpul dan bercerita dengan warga yang lain, serta bapak-bapak yang duduk-duduk sambil bercerita di poskamling. Di perumahan tersebut terlihat hubungan interaksi sosial dengan warga yang lain terjalin dengan baik, penduduknya juga terlihat ramah dan sopan.

·       Fasilitas umum yang ada
Ada berbagai fasilitas yang terdapat di perumahan tersebut, seperti pos kamling yang sekaligus berfungsi sebagai pangkalan ojek, terdapat juga majalah dinding (mading) yang tidak begitu berfungsi dengan baik untuk memberikan informasi kepada masyarakat karena kurangnya pemeliharaan dan pengetahuan masyarakat mengenai fungsi dari mading tersebut. Terdapat taman di curug dago yang keberadaannya tidak begitu terawat dan kurang difungsikan oleh warga sekitar.


C.    Lokasi Ketiga (Perumahan Green Citra Dago)

·       Situasi Lingkungan

Disekitar International School terlihat kotor karena ada pembangunan perumahan guru untuk tempat tinggal para guru di International School. Suasananya sedikit ramai sesekali kendaraan yang lewat di sekitar sana. Di International School juga terlihat sepi karena pada saat itu sedang berlangsung proses belajar mengajar. Nampak bahan-bahan bangunan yang berserakan di pinggir jalan seperti besi, pasir, batu bata, krikil, semen dan lain-lain. Sampah juga terlihat berserakan disekitar pembangunan tersebut tetapi di sekitar International School terlihat sangat bersih dan teratur. Saluran air di daerah ini juga terlihat bersih sehingga pembuangannya lancar. Disamping kanan International School terdapat tanah lapang yang cukup luas.

·       Situasi Sosial

Suasananya sedikit ramai karena sebagian dari mereka sedang melaksanakan aktivitas pembangunan perumahan guru, terlihat para pekerja bangunan yang sibuk dengan pekerjaan mereka masing-masing, ada yang sedang mengangkat batu, mendorong gerobak yang berisikan batu bata, memasang besi, membuat campuran semen, dan ada juga yang mengawasi jalannya pembangunan. Suara yang timbulkan dari pembangunan tersebut cukup bising seperti suara-suara mesin pekerja, suara palu-palu, dan lain-lain. Satpam di International School juga begitu ramah menyapa mahasiswa STKS yang sedang melakukan observasi di sekitar sekolah tersebut.

·       Fasilitas  Umum yang Ada

            Di daerah Green Citra Dago terdapat International School, taman yang bertuliskan Green Citra Dago, dan pos satpam. International School merupakan sekolah swasta yang berkelas. Selain itu taman Green Citra Dago suasanya sangat sejuk dan asri.

Analisis

·       Situasi lingkungan

      Antara lokasi 1, 2,dan 3 mempunyai perbedaan yaitu pada lokasi 1 letak perumahan tertata dengan rapi, bersih dan terlihat lebih elit. Di lokasi 2 penataan rumahnya kurang rapi, dan dibandingkan dengan lokasi 1, rumah di lokasi 2 terlihat lebih sederhana. Di lokasi 3 tidak terlalu jauh berbeda dengan lokasi 1 dengan tatanan perumahan yang rapi dan teratur, hanya saja dengan adanya pembangunan membuat lingkungan disekitar pembangunan menjadi kotor. Tetapi lokasi 1, 2  dan 3 memiliki kesamaan yaitu memiliki saluran pembuangan yang bersih dan lancar.

·       Situasi sosial

Di lokasi 1 suasananya sunyi - sepi karena tidak terlihat interaksi sosial antara warga yang satu dengan warga yang lain. Sedangkan di lokasi 2 suasananya sepi tetapi terlihat interaksi sosial dengan warga lainnya seperti sekumpulan ibu-ibu yang sedang cerita. Sedangkan di lokasi 3 suasananya juga sedikit ramai di bandingkan kedua lokasi yang terdahulu yaitu 1 dan 2 disekitar daerah tersebut sedang berlangsung pembangunan sehingga terlihat interaksi sosial antar sesama pekerja.

·       Fasilitas Umum

Pada lokasi 1 terdapat sekolah TK dan mesjid sedangkan di lokasi 2 tidak terdapat sekolah dan mesjid tetapi di lokasi 2 juga terdapat fasilitas  pos kamling dan majalah dinding (madding) yang tidak terdapat di lokasi 1. Pada lokasi 3 terdapat sekolah dan pos satpam serta taman.  Pada lokasi 2 juga terdapat taman yang kurang difungsikan oleh warganya sedangkan taman pada lokasi 3 keberadaannya begitu difungsikan oleh warganya sebagai pelengkap sehingga lokasi 3 terlihat lebih indah.

                 
Rumusan masalah penelitian
                  Bagaimanakah tataruangan berpengaruh terhadap pola interaksi sosial masyarakat lingkungan kompelek perumahan dosen Unpad,  warga curug dago, dan dilingkunagan ineternasinal schoul dalam kehidupan sehari hari.
Rumusan pertanyaan
1.     Bagaimanakah lingkungan berpengaruh terhadap interaksi sosial ?
2.     Apakah pola tataruang yang teraktur dan tataruang secara alami akan mempengaruhi interaksi sosial ?
3.     Bagaimanakah stusisosial yang di pengaruhi oleh tataruang yang terencana dan tataruang secara alami ?
4.     Adakah tataruang secara terencana dan tataruang secara alami dapat berpengaruh terjadinya interaksi sosial lewat sarana umum ?












LAMPIRAN
A.    Lokasi Pertama (Perumahan Dosen)
Description: IMG13208-20111108-0800.jpg


Description: IMG13207-20111108-0800.jpg







Keadaan TK dan Inrekasi orang tua Murid                kedaan mesjid Nurul jamil


Description: IMG13214-20111108-0804.jpg
Description: IMG13210-20111108-0801.jpg







Description: IMG13219-20111108-0807.jpgDescription: IMG13217-20111108-0807.jpg            Bapak yang membersihkan taman                      keadaan rumah dan mobil yang terparkir






Paapan Nama masjid                                                              papan himbauan

B.    Lokasi Kedua (Curug Dago)
Description: IMG13237-20111108-0839.jpgDescription: IMG13235-20111108-0839.jpg






                             Rumah warga                                                                                                selokan               
Description: IMG13247-20111108-0842.jpgDescription: IMG13243-20111108-0841.jpg                                                                                                                                                     

                                 




Jalan dan saluran pembuangan                                                                                                          Pos kamling
Description: IMG13244-20111108-0841.jpgDescription: IMG13254-20111108-0845.jpg





                              Majalah dinding                                                                                    papan wilayah curug dago

C.    Lokasi Ketiga (Perumahan Green Citra Dago)
Description: IMG13281-20111108-0919.jpgDescription: IMG13272-20111108-0909.jpg

Description: IMG13274-20111108-0910.jpgDescription: IMG13275-20111108-0911.jpg




Keadaan Internasinal schoul                                                        keadaan bedi,krikil yang berantakan







Description: IMG13279-20111108-0913.jpgDescription: IMG13283-20111108-0921.jpg                 Aktivitas pekerja dan lingkungan                                                       kedaan yang berantakan






                    Pekerja yang mengangkut batu bata                                   penegndara yang lewat dilingkungan inernasinal schoul

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar