26 Februari 2012

TAHAPAN INTERVENSI DALAM PEKERJAAN SOSIAL


Dalam peraktek seorang pekerja sosial harus memiliki keterampilan dalam upaya pemecahan suatu masalah yang di hadapi baik masalah makro mezo maupun masalah mikro sebelum melakukan intervensi. Seorang pekerja sosial harus memiliki skil dan kopentesi dalam menentukan masalah yang di tangani dengan tahap tahap yaitu :
1.      Melakukan kontak dan konrak
2.      Melakukan assesment
3.      Menyusun program kerja
4.      Melakukan intervensi sosial
5.      Melakukan kontrol dan evaluasi
6.      Melakukan terminasi

Adapun dari taapan di atas memiliki fungsi masing masing diantaranya

1.      Malakukan kontak dan kontrak
Dalam tahap ini pekerja sosial harus melakukan kontak meksudnya seorang pekerja sosial hendaknya melakukan kontak maksudkan membangun relasi dan setelah relasi terbentuk maka disini akan ada yang namanya kontrak atau yang biasanya di sebut dengan janji hati dalam tahap ini ada hal yang sangat penting yaitu bangai mana kita meyakinkan masyarakat atau klain agar  mereka percaya kepada kita intinya pekerja sosial harus mampu membangun kepercayaan.
2.      Melakukan assesment
Pada tahap assesmen ini adalah tahap yang rawan dan sangat vital dalam memecahkan masalah ketika pada tahap ini kita tidak mampu mengungkap masalah yang di hadapi baik penyebab, maupun sumber potensi kekuatan dari suatu  masalah yang di hadapi maka masalah akan sangat berenagaruh terhadap rencana kegitan penolongan dan akan tidak tepat proses intervensi yang diberikan.
3.      Menyusun program kerja
Selanjutnya setelah melakukan assesmen baik dari masalah maupun potensi yang ada pada suatu masyarakat yang sedang diberikan pertolongan tahap selanjutnya yaitu menyusun program kerja. Dalam menyusun program kerja ini tidak bisa sembarang karna kita harus mengambil patokan dari hasil assesmen agar masalah yang ditangani dapat diselesaikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga dalam proses pembuatan progaram kerja seorang pekerja sosial tidak bisa memberiakan dan memaksakan apa yang ingin dalam pemecahan masalah melaikan harus menanyakan atau merundingkan apa saja yang harus dilakuakan.
4.      Melakukan intervensi
Setelah assesmen dan progaram kerja disusun selanjutnya kita kita melakuakn intervensi soaial terhadap masyarak tungas utama dari intervensi ini lebih ke arah pemdampingan.

5.      Melakukan pendampingan dan evaluasi
Dalam tahap ini pekerja sosial harus meilhat seajauh mana kemajuan terhadap program yang di berikan baik dari masalah yang di hadapi maupun kendala kendala yang akan menghalang dalam proses pertolongan dan mempersiapkan model model lain untuk menganti intervensi yang dilakukan ketika intervensi yang di terapkan itu gagal.
6.      Tahap terminasi
Setelah lima tahap di atas sudah di penuhi maka untuk menghindari ketergantungan sosial maka pekerja sosial hendaknya melakuan terminasi untuk menangulangii hal tersebut.

Aplikasi metode Comunity organisatin and Comunuty develonment (CO/CD)
Intervensi makro pada ktlurahan maleer kecamatan batununggal kota bandung

3 komentar:

  1. Inti dari pekerja sosial adalah.
    Pantang Tugas Tak Tuntas.

    BalasHapus
  2. Inti dari pekerja sosial adalah.
    Pantang Tugas Tak Tuntas.

    BalasHapus
  3. minta contoh laporan home visit disabilitas dan lansia dong?

    BalasHapus